Saturday 28 November 2015

Komunitas Menulis Novel

Berani menantang diri menulis cerita selama sebulan 50.000 kata. Di sini saya beritahu beberapa situs komunitas menulis novel baik di luar negeri atau dalam negeri.

1. NaNoWriMo
National Novel Writing Month kepanjangan dari NaNoWriMo. Start menulis dari 01 November sampai 30 November. Harus finish sampai di 50.000 kata dalam sebulan.



2. Wattpad
Dunianya membagi cerita dan membaca berbagai genre cerita. Terletak di Toronto, Kanada. 



3. Bulan Narasi
Nulis Rame-Rame Nasional. Itulah arti dari Bulan Narasi yang di selenggarakan setiap bulan Mei. Mirip dengan NaNoWrimo. Tahun ini masuk ke tahun ke dua.
Persyaratannya menulis naskah minimal 150 halaman. Kalian harus menyisipkan sinopsis, membuat cerita dan membuat desain layout sendiri. Lalu upload naskah ke Nulisbuku.com. Untuk lebih jelas baca di situs bulan-narasi.com.
Selama ikut kompetisi ini wajib menulis writing progess minimal seminggu dua kali.
Dan naskah akhir kalian harus dalam bentuk file .pdf
Jika merasa kesulitan meng-convert file doc ke file pdf, saya mempunyai tips. Bisa dibaca di tulisan Mengubah file doc ke file pdf secara online.






3 comments:

  1. Wah keren..... itu yang nanowrimo harus bahasa inggris gak? Trus aa info bulan narasi yang tahun 2016? Sharing yah kak.

    ReplyDelete
  2. Halo, Anisah! Iya, Nanowrimo harus berbahasa Inggris. Sepertinya Bulan Narasi gak berlanjut lagi. Soalnya kalau tak salah tahun 2015 lalu peminatnya sedikit kali jadi gak dilanjutkan kompetisi itu.

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya sih ada juga kemudian.com dan storial.

    ReplyDelete